by

BPOM Keluarkan Izin Darurat Vaksin Moderna

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memutuskan memberi emergency use of authorization (EUA) atau izin darurat vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Moderna untuk digunakan di Indonesia.

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito saat menggelar konferensi pers, Jumat (2/7/2021) mengaku pihaknya kemarin menambah satu jenis vaksin yang sudah dapat EUA dari BPOM yaitu Moderna.

“Moderna merupakan vaksin mRNA pertama yang mendapat izin darurat dari BPOM. Vaksin tersebut diproduksi di AS. Vaksin ini pertama yang dapat EUA dari BPOM yang menggunakan mRNA, vaksin ini didapat dari Covac Facility dan diprodusi di USA,” ungkap dia.

Penny menyebut penggunaan vaksin Moderna ini tak terlepas dari kerja sama yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dengan berbagai negara.

Baca juga  KUKJ, berawal dari UKM Hasil Karyanya Mendunia

Menurutnya Pemerintah sengaja mendatangkan berbagai jenis dan merk vaksin dari berbagai produsen agar cakupan dan target vaksinasi bisa tercapai.

“Apresiasi atas upaya yang sudah dilakukan. Antara kementerian dan lembaga terkait,” tegasnya.

Secara umum keamanan vaksin Moderna ini bisa ditoleransi. Kejadian pascasuntikan juga tergolong biasa yakni sebatas nyeri, kelelahan, nyeri di tempat suntik, sakit kepala, hingga nyeri otot sendi.

“Biasanya setelah vaksin kedua,” tandas dia. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed