by

Sarapan Bersama secara Vitual SD Alhikmah Surabaya

Meski masih masa pandemi, tetapi tidak membuat surut SD Alhikmah untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahkan pelajaran yang biasa dilakukan secara off line juga bisa dilakukan via zoom atau online.
Seperti yang dilakukan siswa kelas 3 SD Al-Hikmah Surabaya Kamis (15/7). Meski belajar melalui aplikasi zoom tetapi mereka tetap bisa sarapan bersama sekaligus cuci piring sendiri. Itupun mereka lakukan dengan riang gembira.
” Pada masa Masa Jelajah Sekolah ( MJS) hari ke 3 kamis pagi ini (15/7) siswa kita ajak sarapan bersama dan mencuci piring sendiri. Sebelumnya pada Selasa dan Rabu (13-14/7) lalu para siswa dikenalkan sholat, dzikir dan wudlu yg benar sesuai tuntunan Rasulnya. Semua dilakukan secara online,” papar Dra Zainab, wali kelas 3 B SD Al-Hikmah Surabaya.
Sarapan bersama itu, menurut Zainab, menjadi ajang untuk mendidik siswa kelas 3 SD Al-Hikmah belajar makan dan minum sesuai adab Rasulullah dan mencuci sendiri peralatan makan minum yang sudah digunakan.
Dikatakan, sebelumnya siswa sudah siap di depan kamera zoom saat sarapan pagi. Doa sebelum makanpun dibaca bersama sama. Ada yang sarapan nasi putih soto dan krupuk, ada Juga yang lauk ayam goreng, sosis dan telur dadar plus air mineral dan ada juga yang sarapan dengan roti isi telur dadar dan selada.
” Abe tidak sarapan?,” tanya ustadah Zainab yang mengetahui siswanya ada yang tidak ikut sarapan.
“Abe puasa ustazah, tadi malam sahur lauk lele goreng dan sayur sop,” jawab Abe.
Memang, kebetulan hari ini adalah hari kamis dan ada siswa 3B yang punya kebiasaan puasa sunnah.
” Ustazah Zainab sarapannya apa?” tanya salah seorang siswa. Mendengar pertanyaan itu akhirnya ustazahnya harus ke meja makan menunjukkan menu sarapannya. “Ini menu sarapan ustazah pagi ini anak-anak, nasi putih, urap sayur, tempe goreng, naget, dan telur rebus,” ujar ustadah Zainab. Setelah selesai makan para siswapun berdoa sesudah makan bersama-sama. Kegiatan berikutnya mencuci peralatan makan yang sudah digunakan. Terlihat di kamera para siswa melakukan kegiatan cuci piringnya ada yang masih dibantu ada yg sudah terampil mencucinya. Diakhir kegiatan ustazah mengingatkan kepada para siswa untuk tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada mama, mbah atau mbak yang sudah memasak hidangan hari ini seperti yang dipesankan Rasul kepada kita. (01/faqih)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed