by

Saudi Kenalkan Gelang Pintar Haji

Menjelang pelaksanaan ibadah haji, pemerintah Arab Saudi mulai melakukan persiapan. Salah diantaranya adalah dengan mengenalkan gelang Pintar haji. Gelang pintar “Nusk” diluncurkan oleh Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA) dan Program Layanan Duyuf Rahman, bermitra dengan grup the Saudi Telecom Company (STC).

Jamaah haji akan dapat memanfaatkan gelang pintar tersebut, yang telah diperkenalkan oleh otoritas Saudi untuk pertama kalinya pada tahun ini.
Nota kesepahaman (MoU) telah ditandatangani di hadapan Presiden SDAIA Dr. Abdullah Al-Ghamdi, Direktur Pusat Informasi Nasional Dr. Issam Al-Waqit, CEO Program Layanan Duyuf Rahman, Eng. Bassam Bin Abdulrahman, CEO Grup STC Eng. Olayan Alwetaid, dan CEO STC Business Sector Eng. Riyad Moawad di markas SDAIA.

Baca juga  Update Corona 24 Oktober 2021: Kasus Baru 623, Kematian 29 Orang

Layanan canggih ini dilengkapi teknologi GPS yang berbasis konsep data dan Internet of Things (IoT). Sebanyak 5.000 gelang akan didistribusikan di antara para jamaah haji tahun ini sebagai percobaan.

Gelang tersebut menyediakan layanan terintegrasi yang mencakup semua data pribadi jamaah haji, status kesehatan mereka (imun komplit, imun dengan dosis pertama, imun dengan pemulihan setelah infeksi).

Selain itu, juga terdapat pemantauan data status kesehatan yang terkait dengan pengukuran kadar oksigen darah dan denyut nadi dan mencari layanan bantuan medis atau keamanan darurat.

Pesan peningkatan kesadaran juga dapat dikirimkan kepada peziarah melalui gelang tersebut dan layanan lainnya untuk memberikan pengalaman yang mudah bagi jamaah haji.

Baca juga  Maulid Nabi, Wapres KH Ma'ruf Ingatkan Generasi Muda Teladani Rasulullah

Kepala SDAIA Dr. Al-Ghamdi mengatakan bahwa ini merupakan langkah penting untuk melayani para jamaah haji, yang akan mencapai tujuan relevan Visi Kerajaan 2030.

“SDAIA memanfaatkan semua kemampuan teknis dan kompetensi nasionalnya untuk memberikan solusi inovatif terbaik, berbasis data dan teknologi,” ujar Al-Ghamdi. (01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed