by

Amal Ibadah di Hari Jumat

Bismillah….
Bagi umat Islam hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa. Bahkan hari itu disebut sebagai sayyidul ayyam atau hari yang paling utama dari semua hari. Sebagaimana disebutkan dalam hadis:
Dari Abu Hurairah m RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR. Muslim)
Banyak amal ibadah yang sunnahkan Rasulullah untuk dilakukan di hari Jumat. Amal ibadah tersebut memiliki keutamaan yang sangat luar biasa yang tidak terdapat pada hari hari lain. Berikut amal ibadah yang harus kita upayakan untuk dikerjakan di hari Jumat.

MANDI BESAR
Pada hari Jumat kita disunnahkan untuk mandi besar sebagaimana sabda Rasulullah:
Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau bersabda, “Barangsiapa yang mandi kemudian mendatangi Jum’at, lalu ia shalat semampunya dan diam (mendengarkan khutbah) hingga selesai, kemudian ia lanjutkan dengan shalat bersama Imam, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dan hari jum’at yang lain. Dan bahkan hingga lebih tiga hari.” (HR. Muslim ).
Sesuai sunnah Rasul, kita harus membersihkan diri dengan mandi besar untuk niat menghadiri salat Jumat. Selain itu memakai minyak wangi, membersihkan kuku, dan memotong rambut menjadi amalan baik sebelum melaksanakan salat Jumat.
Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

Baca juga  DR H NUR ARIFIN, M.Pd, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama RI: Ikhlas Menjadi Kunci Sukses

MEMBACA ALKAHFI
Amalan hari Jumat berikutnya adalah membaca Surah Al Kahfi. Membaca surat ini bisa dilakukan pada malam jumat atau siang hari pada Hari Jumat.
Sebagaimana sabda Rasulullah:
Dalam hadist yang derajatnya sahih, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim

MEMBACA SURAT YASIN
Selain Surat Al Kahfi, umat muslim juga dianjurkan membaca Surat Yasin pada hari Jumat. Keutamaan membaca Surat Yasin ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud sebagai berikut. “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Baca juga  DR H NUR ARIFIN, M.Pd, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama RI: Ikhlas Menjadi Kunci Sukses

PERBANYAK SHALAWAT
Pada hari Jumat umat Islam juga dianjurkan untuk banyak bersholawat kepada rasulullah sebagaimana disebutkan dalam hadis:
Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

BANYAK BERDZIKIR
Hari Jumat diperintahkan kita banyak berdzikir sebagaimana firman Allah:
SWT berfirman:
“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, Maka bersegeralah kamu kepada dzikir kepada Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan dzikirlah kepada Allah yang banyak supaya kamu beruntung,” (QS Al-Jumu’ah: 9-10).

Baca juga  DR H NUR ARIFIN, M.Pd, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama RI: Ikhlas Menjadi Kunci Sukses

BANYAK BERDOA
Hari Jumat adalah waktu mustajabah untuk berdoa. Ada satu waktu yang kalau kita berdoa pasti akan dikabulkan Allah.
Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda:
“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim tepat pada saat itu berdiri salat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan apa yang ia minta.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim)
Demikian amal ibadah yang dianjurkan dilakukan di hari Jumat, semoga bermanfaat.

Surabaya, 30 Juli 2021
Nur Cahya Hadi, direktur majalahnurani.com

Surabaya, 30 Juli 2021
Nur Cahya Hadi, direktur majalahnurani.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed