by

Inilah Empat Kunci Menuju Surga

Bismillah….
Saudaraku, semua umat Islam pasti ingin hidup sukses di dunia maupun akhirat. Namun sayang, banyak orang sukses di dunia tetapi celaka di akhirat. Terbukti bahwa Rasulullah bersabda bahwa penduduk surga dipenuhi orang miskin, bukan orang kaya.
Sabda Nabi Muhammad Saw: “Surga diperlihatkan kepadaku, maka aku melihat melihat kebanyakan penghuninya adalah orang-orang fakir. Neraka juga diperlihatkan kepadaku, maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita.” (HR. Bukhari )
Padahal dengan fasilitas yang dimiliki di dunia, harusnya memudahkan orang kaya untuk meraih surga di akhirat.

EMPAT KUNCI
Sebenarnya bagi umat Islam, baik miskin maupun kaya, memiliki kesempatan yang sama untuk meraih surga. Tergantung pada kita, mau melakukan jalan yang sudah ditunjukkan oleh Rasulullah atau tidak. Kalau mau, baik orang miskin maupun orang kaya sangat berpotensi untuk masuk surga. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda bahwa kunci masuk surga itu ada empat.
يَا أيُّهَا النّاسُ أفْشُوا السَّلام، وَأْطعِمُوا الطْعَامَ، وَصِلُوا الأْرحامَ، وَصَلُّوا والنَّاس نيامٌ، تَدْخُلوا الجُنَّة بسلام .
Rasulullah Bersabda:
“Hai sekalian manusia, sebarkan salam, berilah makanan, hubungkanlah sanak keluarga,dan dirikanlah shalat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR al-Tirmizi, Ibnu Majjah)

MENYEBARKAN SALAM
Untuk masuk surga sebelum mudah. Dengan hanya mengucapkan salam ketika bertemu dengan keluarga, saudara, teman atau sesama umat Islam, sudah dijamin masuk surga. Karena memang dalam ucapan salam ada kandungan doa yang luar biasa. Dalam salam ada tiga doa yang selalu diucapkan antara yang memberi salam dan yang menjawab salam. Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh (keselamatan bagi kamu, Rahmat Allah dan keberkahan atas kamu). Kalau kita mendapatkan keselamatan, Rahmat dan berkah dari Allah otomatis kita akan mendapatkan surgaNya. Karena itu jangan malu dan segan kalau bertemu siapapun kita ucapkan salam.
Bahkan dikatakan oleh Rasulullah kalau kalau kita tidak mau menyebarkan salam termasuk orang yang Bakhil alias kikir.

أَبْخَلُ النَّاسِ الَّذِي يَبْخَلُ بِالسَّلاَمِ

“Orang yang paling bakhil adalah orang yang bakhil untuk mengucapkan salam.” (HR. Al-Bukhari)

MEMBERI MAKAN
Banyak ayat dan hadis yang memerintahkan kita memberi makan kepada orang yang membutuhkan. Ini tidak terbatas kepada fakir miskin tapi bisa juga memberi makan yatim piatu, jamaah pengajian, memberi makan Jumat berkah, termasuk dalam anjuran ini. Bahkan Rasulullah bersabda bahwa orang yang sering memberi makan termasuk sebaik baiknya umat.
Rasulullah bersabda:
عَنْ حَمْزَةَ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ رضي الله عنه قَالَ: فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ أَطْعَمَ الطَّعَامَ» رواه أحمد
Artinya: “Hamzah bin Shuhaib meriwayatkan dari bapaknya radhiyallahu ‘anhu yang berkata: “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makanan.” (HR Ahmad)
Dan Allah memberikan jaminan kepada orang yang sering infak dengan memberikan makan kepada orang lain ini, tidak akan habis hartanya bahkan akan ditambah Allah.Firman Allah:
وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
“Dan barang apa saja yang kamu infakkan, niscaya Allah akan menggantinya. Dan Allah sebaik baiknya epmberi rezeki” (QS Saba’ ayat 39)

MENYAMBUNG SILATURAHIM
Salah satu tanda orang beriman kepada Allah adalah orang yang menyambung tali silaturahim. Banyak ayat Alquran dan hadis yang mengisyaratkan betapa pentingnya menyambung tali silaturahim.
Rasulullah saw bersabda:
” مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ, وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ “
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”(HR Bukhari).
Bahkan Allah dan Rasulullah mengancam seseorang yang memutuskan tali silaturahim. Tidak hanya tidak akan mendapat Rahmat Allah tetapi juga akan dipercepat siksanya di dunia.
Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَحْرَى أَنْ يُعَجِّلَ اللهُ لِصَاحِبِهِ الْعُقُوْبَةَ فِي الدُّنْيَا مَعَ مَا يُدَّخَرُ لَهُ فِي اْلآخِرَةِ مِنَ الْبَغْيِ وَقَطِيْعَةِ الرَّحِمِ

“Tidak ada dosa yang Allah SWT lebih percepat siksaan kepada pelakunya di dunia, serta yang tersimpan untuknya di akhirat selain berbuat zalim dan memutuskan tali silaturahmi.” (HR. Tirmidzi)

SALAM MALAM

Keutamaan sholat tahajud apabila rutin dilakukan akan menghujani kita dengan berbagai manfaat.

Karena sangat sulit untuk bangun dari tidur seseorang terutama setelah rutinitas yang sibuk seharian, itulah mengapa sholat ini menghasilkan pencapaian jumlah pahala dan status yang besar dari Tuhan Yang Maha Esa. Sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.
Dan sesungguhnya sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra’ ayat 79 berikut :

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

Keutamaan sholat tahajud berikutnya yakni dikabulkan doanya. Tuhan berjanji akan memenuhi doa para ahli Tahajud. Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)
Keutamaan sholat tahajud juga menjadikan seseorang ahli zikir.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang bangun malam lalu membangunkan keluarganya hingga shalat dua rakaat, mereka akan dimasukkan ke dalam golongan laki-laki dan perempuan yang banyak ingat Allah SWT.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu Sa‘id Al-Khudri)
Demikian empat kunci kalau ingin masuk surga dengan sukses. Semoga bermanfaat.

Surabaya, 5 Agustus 2021
Nur Cahya Hadi, direktur majalahnurani.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed