by

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf: Masyarakat Berperan Aktif Dalam Pemberantasan Peredaran Narkoba

Selain menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seluruh lapisan masyarakat memiliki andil besar dalam upaya memberantas peredaran narkoba. Tentunya dengan kewenangan dan tugasnya masing-masing. Pernyataan itu disampaikan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf pada saat hadir dalam agenda Pemusnahan Barang Bukti Hasil Ungkap Polres Pasuruan Selama Tahun 2021.

Dikutip dari pasuruankab.go.id, dalam kegiatan yang digelar di halaman Polres Pasuruan hari ini, Senin (20/12) tersebut, Kepala Daerah menyampaikan bahwa kolaborasi dengan Polres Pasuruan sebagai upaya preventif peredaran narkoba memang sudah pasti dilakukan. Namun masyarakat juga tetap diharapkan berkontribusi di dalamnya. Minimal dengan menjadi informan jika semisal mengetahui adanya peredaran narkoba agar segera melaporkannya kepada kepolisian terdekat.

“Upaya-upaya operasi dan menekan peredaran narkoba ini menjadi sangat penting dan itu adalah tugas kita bersama. Ayo kita sama-sama berantas peredaran narkoba dengan kewenangan dan tugas kita masing-masing. Misal, memberikan informasi, pemahaman dan terus melakukan pencegahan penggunaan dan peredarannya. Karena potensi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Pasuruan itu sangat kuat,” tandasnya dengan lugas.

Baca juga  Update Corona 25 Januari 2022: Kasus Baru 4.878, Kematian 20 Orang

Menurut Bupati, dibutuhkan kolaborasi kuat untuk memberantas peredaran narkoba. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan kondisi sosial yang kondusif, aman dan nyaman. Hal itu mengingat, diantara pemicu kembali tingginya angka kriminalitas di Kabupaten Pasuruan.

Dengan demikian, jika di dalam masyarakat tercipta kondusifitas dan keamanan di masyarakat, maka sudah barang tentu akan berdampak positif terhadap upaya percepatan pembangunan. Hal itu secara otomatis akan menghasilkan pelayanan publik prima. Sebaliknya, pergerakan kegiatan ekonomi juga akan kembali dinamis.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Kapolres Pasuruan dan jajarannya atas kerjasama dan kolaborasi dalam rangka pemberantasan penyakit masyarakat. Salah satunya ada di hadapan kita. Bukti kerja keras dari semua pihak, khususnya jajaran Polres dan Kejaksaaan Negeri Kabupaten Pasuruan.

Baca juga  Polres Mojokerto Gelar Vaksinasi Booster untuk Pegawai Pengadilan Negeri

“Saya sangat bersyukur karena kerja keras, kolaborasi dan saling men-support tugas kita akhirnya menghasilkan. Yang paling utama adalah kenyamanan, keamanan dan ketertiban masyarakat bisa terjaga. Sehingga program-program pemerintahan bisa berjalan,” tutur Bupati.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendiz mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang selama ini telah bersinergi dalam pemberantasan narkoba. Terlebih hasil ungkap Satnarkoba Polres Pasuruan sepanjang tahun ini yang terberat, yakni adanya sabu seberat 2 kg.

“Terimakasih hari ini bisa hadir dalam angka pemusnahan Kita akan musnahkan barang bukti narkotika, miras dan lainnya. Bahwa kali ini kita akan musnahkan yang paling menonjol yaitu barang bukti sabu-sabu seberat 2 kg yang ini paling banyak selama adanya Satnarkoba Polres pasuruan. Berikutnya pil ekstasi atau pil koplo hasil razia bersama Satpol PP,” ungkapnya di hadapan Bupati dan jajaran Polres Pasuruan.

Baca juga  NU Larang Gunakan Kata Kafir ke Masyarakat Non Muslim

Diketahui, sabu seberat 2 kilogram tersebut merupakan Hasil Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Polres Pasuruan menjelang Natal dan Tahun Baru 2022. Sedangkan barang bukti lainnya yang juga ikut dimusnahkan hari ini yakni timbunan berbotol-botol minuman keras dari berbagai jenis dan merek. Berikut penghancuran 68 knalpot brong yang sudah barang tentu mengganggu kenyamanan masyarakat. (zar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed