by

Konsulat Amerika Berkunjung Dan Berdiskusi Bersama Bupati Terkait Peluang investasi di Kabupaten Pasuruan

Selain memiliki kekayaan sumber daya alam dan aneka produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang luar biasa, Kabupaten Pasuruan juga dikenal publik dengan keunggulan lainnya. Diantaranya di bidang industri dengan sebaran perusahaan yang banyak dijumpai di hampir seluruh wilayah.       

Potensi itu juga yang memikat Consulate General of The United States of America (USA) untuk berkunjung ke Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti. Bersilaturahim dengan Bupati Irsyad Yusuf sekaligus menggali ragam informasi yang erat kaitannya dengan peluang investasi di Kabupaten Pasuruan.

Dikutip dari Pasuruankab.go.id Adalah Dylan Hoey, Deputi Politik dan Ekonomi dan Spesialis Politik dan Ekonomi, Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika, Yessika Indarini yang melakukan lawatan khususnya ke Kabupaten Pasuruan. Kehadirannya disambut hangat oleh Kepala Daerah didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Rachmat Syarifuddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tri Agus Budiharto juga Kepala Perangkat Daerah terkait.   

Baca juga  Razia Rumah Kos, Polresta Mojokerto Amankan Dua Pasang ABG Diduga Berbuat Mesum

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan tentang segala potensi yang ada di Kabupaten Pasuruan. Termasuk diantaranya berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) PT Cargill yang berlokasi di Kecamatan Gempol. Perusahaan global asal Amerika Serikat yang merupakan perusahaan swasta dengan pendapatan terbesar di negeri Paman Sam.

“Terimakasih atas kunjungan Mr Dylan dan Mrs Yessica ke Kabupaten Pasuruan. Kami di sini memiliki banyak investor asing. Terimakasih juga untuk kontribusi PT Cargill melalui program CSR dan kolaborasinya dengan Pemkab Pasuruan,” jelas Bupati.

Kepala Daerah berharap, ke depannya PT Cargill dapat berkoordinasi lebih intens dengan Pemerintah Daerah  dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility-nya. Sehingga dapat mengalokasikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca juga  Kesederhanaan Kiai Asep, Tidak Risih Makan di Warung Kaki Lima Hingga Bayar dengan Uang Lebih

Dalam obrolan yang berlangsung gayeng dan penuh keakraban tersebut Kepala Daerah juga menjelaskan seputar rencana pengembangan investasi di Kabupaten Pasuruan ke depannya. Berikut penjabaran tentang kawasan industri dan sarana prasarana pendukung investasinya. Tidak terkecuali terkait pembangunan jalan bebas hambatan serta pengembangan energi alternatif.

Di akhir perbincangannya, Gus Irsyad demikian sapaan akrab Bupati sekaligus Wakasatkornas Banser tersebut mengisyaratkan harapannya kepada Konjen Amerika. Fokusnya lebih kepada peluang investasi lain selain dari PT Cargill yang bisa ditanamkan di Kabupaten Pasuruan.

“Banyak kemudahan untuk berinvestasi di Kabupaten Pasuruan. Saya berharap selanjutnya terjalin kerjasama antara Pemkab Pasuruan bersama Konjen AS. Sehingga bisa memfasilitasi juga kalau ada investasi dari sana yang hadir di Pasuruan. Karena efeknya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Bupati kepada Dylan.  

Baca juga  Forkopimda Jatim Hadiri Peresmian Kantor DPD Pepabri Jatim

Sementara itu, selama kunjungan berlangsung, kedua pejabat Konjen Amerika tersebut baik Dylan maupun Yessika tampak begitu antusias. Sembari memberikan invitasinya kepada Bupati agar berkunjung ke kantor konsulat Amerika di Surabaya untuk melakukan diskusi lebih lanjut soal peluang penjajagan investasi baru selanjutnya. (niz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed