Pemkot Surabaya dan HIPMI Kolaborasi Buat UMKM Naik Kelas

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, menerima audiensi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kota Surabaya. Audiensi tersebut, berlangsung di ruang kerja wali kota, Balai Kota Surabaya, Rabu (23/2).

Ada sejumlah hal yang dibahas dalam audiensi ini. Salah satunya adalah, mengenai rencana penguatan dan pemberdayaan pelaku, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kota Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi, menyambut baik sejumlah gagasan, yang disampaikan HIPMI Surabaya. Bahkan dia menyatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, siap mendukung penuh kegiatan, yang nantinya dapat berdampak, terhadap ekonomi masyarakat.

“Silahkan munculkan kegiatan apa, sehingga itu bisa membuat pengangguran, di Surabaya berkurang, dan UMKM naik kelas. Kita siap support,” kata Wali Kota Eri Cahyadi, di sela kegiatan audiensi.

Baca juga  Layanan Kesehatan Pemkot Mojokerto Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran

Wali Kota Eri Cahyadi menegaskan, bahwa di masa kepemimpinannya, pihaknya tak ingin bekerja hanya berdasarkan teori saja. Karenanya, dia berharap, kegiatan yang digagas itu nanti, mampu menunjukan hasil nyata, dan bermanfaat bagi pelaku UMKM, khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Misal kegiatan yang bisa menarik pekerja sekian, terus hasilnya nanti seperti ini. Nah, kita berharap HIPMI, yang diisi anak-anak muda ini, bisa membuat lapangan kerja, sehingga pengangguran jadi berkurang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya, Muhammad Luthfy mengungkapkan, ada beberapa program, yang dibahas dalam audiensi bersama Wali Kota Eri Cahyadi. “Di antara sejumlah program itu, salah satunya adalah, mengenai pengembangan untuk para UMKM,” kata Luthfy ditemui seusai audiensi.

Baca juga  Wali Kota Surabaya Ajak Masyarakat Ramaikan Ramadan di Balai Kota

Di samping itu, Luthfy menyebut, ada pula rencana kegiatan yang bakal diadakan HIPMI, dengan mengundang investor Nasional, untuk datang ke Kota Surabaya. Agenda ini rencananya, diadakan bulan Mei 2022, atau saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya.

“Jadi kami akan mengundang beberapa UMKM, untuk dimentoring. Terus kita undang investor, untuk menginvestasikan, mengambil para UMKM ini, menjadikan bukan hanya skala kota, tapi skala nasional. Insyaa Allah, kita juga undang beberapa menteri,” kata dia.

Tak hanya itu, Luthfy menyatakan, pihaknya juga siap mensupport pemkot, untuk melakukan kurasi produk-produk UMKM Surabaya, agar layak dijual. Sehingga, produk UMKM nantinya, tak hanya dijual di Kota Pahlawan, tapi juga di rest area menuju Surabaya.

Baca juga  Baznas Surabaya Salurkan ZIS untuk Ribuan Keluarga Miskin

“Jadi bisa menjadi bagian dari oleh-oleh Surabaya, kita arahkan ke sana, dan kita kurasi. Kalau yang produk kelasnya unggulan, kita kategorikan UMKM kelas A. Nah, kalau produk UMKM kelas B, itu kita akan upgrade ke kelas A,” pungkasnya. (yunus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed