Khidmat kepada NU, 20 Ribu Siswa YPM Gelar Doa Bersama dan Jadi Pasukan Semut

Resepsi 1 Abad NU tinggal menghitung jam. Gaungnya pun makin terasa.Tak ketinggalan, keluarga besar Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Taman, Sidoarjo  menggelar doa bersama yang serentak dilaksanakan di Kompleks lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan YPM. Rangkaian acara doa bersama yang dilakukan adalah pembacaan surah Yasin, Tahlil, dan sholawat dhiba.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 6 Februari 2023 itu serentak dimulai pukul 07.00 WIB yaitu di Kompleks YPM Ngelom dan Megare (Taman), Kompleks YPM Bringin-Taman, YPM Sukodono, YPM Tarik, YPM Wonoayu, dan YPM Sarirogo-Sidoarjo.

“Secara keseluruhan, doa bersama diikuti 20 ribuan peserta yang terdiri atas siswa dan guru. Untuk membedakan dengan suasana kegianatn belajar, semua peserta yang laki-laki memakai sarung, baju putih dan berkopiah hitam.Sementara yang perempuan berbusana muslim warnah putih,” jelas H. Ahmad Makki, Ketua YPM.

Ditambahkan oleh putra pendiri YPM KH Munir Hasyim Latief, yang akrab disapa Gus Makki bahwa kegiatan doa bersama ini ditujukan untuk  pendiri NU, ulama pejuang NU dan juga demi kelancaran puncak resepsi 1 Abad NU.

Baca juga  Komunitas Railfans dan Pramuka Surabaya Sukseskan Angkutan Lebaran 2024

“Kegiatan doa bersama seperti ini sebagai salah satu ikhtiar  menjemput hidayah Allah SWT  dengan membahagiakan Rasulullah Muhammad SAW. Caranya, membahagiakan orang-orang yang dicintai Rasulullah Muhammad SAW. Dan, mereka yang dicintai Rasulullah Muhammad SAW adalah para ulama. Karena itu,  kami menggelar doa bersama sebagais salah satu bentuk kecintaan kepada ulama yang ujungnya adalah cinta kepada Rasulullah SAW,”  jelas Gus Makki.

Doa Bersama Siswa SMA Wachid Hasyim 2 (YPM) Taman

Pasukan Semut

Selain ikhtiar batin, ikhtiar dhohir pun dilakukan  YPM yaitu mengerahkan kurang lebih 6000 siswa untuk menjadi relawan atau pasukan semut yang akan membersihkan lokasi puncak acara 1 abad NU, yaitu GOR Delta Sidoarjo.

Baca juga  Dispendik Surabaya Gencarkan Pembekalan Guru Siswa Inklusi

H Aslam Khitami, Ketua Dewan Pengawas YPM Sepanjang, mengatakan, upaya tersebut dilakukan agar acara yang bakal diikuti jutaan jamaah tersebut berlangsung sukses dan lancar. Ia menyebutkan, pasukan semut ini nantinya akan dibagi menjadi dua tim.

“Tim pertama berjumlah 5000 orang sebagai relawan petugas kebersihan dan sebanyak 1000 orang bertugas sebagai relawan yang menyiapkan logistik  bagi peserta resepsi 1 Abad NU. Ini sebagai bentuk tawadhunya YPM kepada para kiai dan ulama NU,” kata Gus Aslam, sapaan akrabnya  

Alasan lainnya yaitu untuk menyalurkan rasa kangen keluarga besar YPM Sepanjang kepada almaghfurlah KH Hasyim Latif selaku pendiri YPM Sepanjang sekaligus tokoh NU yang selalu aktif berkhidmat di organisasi NU. Dirinya berharap kegiatan itu dapat menumbuhkan semangat baru bagi Nahdliyin dalam berkiprah demi kemaslahatan umat.

Apel pasukan Semut SMK YPM 1 Taman

 “Bagi keluarga besar YPM, khususnya siswa yang terlibat langsung menjadi pasukan semut, semoga semakin menambah rasa cinta kepada lingkungan. Menyadarkan bahwa ada hal yang perlu mendapat perhatian besar, yaitu tentang kebersihan lingkungan yang ujungnya adalah merawat jagat, sesuai tema Harlah 1 Abad NU,” tegasnya.

Baca juga  Pakar Ekonomi UNAIR: AI Ancam Stabilitas Ketenagakerjaan

Terkait pendistribusian logistik, Gus Aslam mengemukakan, rencananya sekitar 15 ribu paket konsumsi akan disebar dari 12 tenda yang didirikan YPM Sepanjang menuju RS Delta Surya, sepanjang Jalan Ponti hingga SMP Negeri 2 Sidoarjo, juga di daerah selatan GOR.

“Logistik tersebut partisipasi dari guru wali kelas, siswa, dan mahasiswa Umaha. Mudah-mudahan NU ke depan semakin mengglobal dan keberadaannya tidak hanya berkontribusi untuk bangsa saja, melainkan juga untuk dunia. NU tidak hanya terdepan dalam masalah keagamaan, tapi juga kelestarian lingkungan,” pungkasnya. (emha)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed