Keren! Unusa Masuk 10 Kampus PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) baru saja merilis peringkat universitas di seluruh dunia per Juli Tahun 2023. Berdasarkan pemeringkatan tersebut, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menempati 10 Kampus PTS terbaik di Indonesia, dan peringkat 38 dari PTN/PTS di Indonesia.10 PTS terbaik itu adalah: (1) Telkom University, (2) Universitas Bina Nusantara, (3) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, (4) Universitas Muhammadiyah Malang, (5) Universitas Mercu Buana, (6) Universitas Muhammadiyah Surakarta, (7) Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta, (8) Universitas Guna Darma, (9) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), dan (10) Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Raihan ini disambut baik oleh pimpinan dan sivitas akademika Unusa. Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan mengungkapkan, bahwa Webometrics memiliki sejumlah indikator dalam penilaian universitas terbaik tersebut, yakni Impact, Openness, dan Excellence.Impact, dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar. Openness, dinilai dari jumlah file berbagai jenis yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Excellence, dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah.

Baca juga  Al Falah Darussalam Tropodo Raih Juara 1 Lomba Tahfidz IEF 2024

“Tujuan dari pemeringkatan tersebut untuk mempromosikan publikasi, keterbukaan akses, akses ilmiah dan materi akademis lainnya,” ungkapnya, Ahad (30/07).

Alumnus S-3 di Australian National University ini menambahkan, bahwa capaian ini dinilai tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak. Kacung mengajak sivitas akademika Unusa terkait capaian ini, dapat dijadikan motivasi untuk terus berbenah dan melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka meraih peringkat yang semakin baik. Meskipun demikian, dia juga mengingatkan bahwa pemeringkatan bukanlah merupakan tujuan. Sedangkan tujuan pokoknya adalah terus berusaha memperbaiki kualitas diri secara terus menerus agar Unusa menghasilkan para lulusan yang berkualitas. Sedangkan pemeringkatan merupakan salah satu implikasi dari usaha memperbaiki diri.

Baca juga  Serunya Meet and Greet Program Bilinggual Class Sekolah Karakter SDM 24 Surabaya

“Webometrics merupakan sistem pemeringkatan internasional yang menilai dampak konten website dan publikasi penelitian pada perguruan tinggi di dunia. Penilaian tersebut berguna untuk menyebarluaskan akses pengetahuan yang dihasilkan oleh Unusa. Tetapi, yang paling penting adalah Unusa terus memperbaiki diri,” ungkapnya.

Koordinator Tim Pengelola dan Penyelarasan Website Unusa, Mursyidul Ibad, M.Kes., mengungkapkan, bahwa ini merupakan hasil dari kerja bersama seluruh civitas akademika dan elemen di unusa. Ada beberapa hal yang masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita untuk diselesaikan dari hasil pemeringkatan ini. “Hasil yang kita capai juga buah dari masuknya Unusa ke dalam salah satu dari 59 PTN/S di Indonesia di list scimago pada 2023. Hampir semua indikator menunjukkan kenaikan signifikan. Baik dari segi Impact, Openness, dan Excellence,” ungkapnya. (Bg, foto: Unusa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed