Cetak Generasi Rabbani, KBTK Al Falah Gelar Manasik Haji Cilik

KBTK Al Falah Surabaya menggelar manasik haji cilik pada Sabtu (16/9) di Taman Bungkul Surabaya. Ada 165 siswa kala itu sangat antusias mengikuti manasik haji cilik.  Mulai dari jenjang KB dan TK. Pihak KBTK Al Falah menyulap Taman Bungkul seperti suasana di Tanah Suci. Diantarannya menyiapkan properti kakbah. Kemudian lokasi Sai, Arofah, Mina, Musdalifah, dan proses Tahalul.

Rangkaian manasik haji cilik diawali dengan sambutan Kepala KBTK Al Falah Surabaya Ustazah Rina Rahayu. Dijelaskan bahwa praktik manasik haji cilik rutin digelar. Tujuannya agar anak mengenal dan belajar bagaimana praktik manasik haji cilik. “Manasik haji cilik ini bertujuan menanamkan rasa iman, Islam ke anak. Untuk menumbuhkan cinta kepada Allah dan Rasul,” tutur Ustazah Rina.

Baca juga  Keseruan Meet And Greet Sekolah Karakter, Hadirkan Pembicara Asal Belanda

Lebih itu, manasik haji cilik ini juga mendidik siswa dalam mnjalankan syariat Islam, rukun Islam yakni ibadah haji. Dari manasik haji cilik, siswa belajar langsung urutan-urutan prosesi haji. “Jadi memang melatih anak agar tahu melaksanakan ibadah haji. Bagaimana melempar Jumroh, Sai, Thawaf dan Tahalul. Prosesnya dilewati sesuai urutannya. Semoga kegiatan bermanfaat dan memberikan manfaat,” urainya.

KBTK Al Falah Surabaya berharap, dari manasik haji cilik ini, siswa bisa menjadi generasi Rabbani, Qurani, berprestasi, dan berakhlak sesuai Rasul. Sehingga bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara. Di tempat yang sama, Muhammad, seorang wali siswa KBTK Al Falah, mengaku bersyukur anaknya bisa ikut manasik haji. Menurutnya dengan kegiatan ini, setidaknya anaknya bisa kenal denhan proses haji. “Alhamdulillah saya bersyukur anak saya ikut kegiatan manasik haji. Mudah-mudahan tak hanya manasik haji cilik saja, tapi ada kegiatan lainnya juga,” ungkap pria yang disapa Ahmad tersebut. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed