UNESA Terima Kunjungan RELO, Bahas Kerja Sama Program Bahasa Inggris

Jajaran pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menerima kunjungan Ruth Goode, Direktur Regional English Language Office (RELO) dan Dian Safitri, RELO Assistant, Kedubes AS di gedung T14 FBS UNESA, pada Selasa, 24 Oktober 2023. Mereka disambut langsung Dekan FBS, Syafi’ul Anam, Ph.D; Koorprodi S-1 Sastra Inggris, Dr. Ali Mustofa, M.Pd; Koorprodi S-2 Pendidikan Bahasa Inggris, Ahmad Munir, Ph.D; perwakilan tim kerja sama FBS, Abdur Rosyid, M.TESOL; dan Kepala Seksi Pengembangan dan Promosi Bahasa, PUI Seni Budaya, Prof. Pratiwi Retnaningdyah, Ph.D.

Dekan FBS mengatakan, UNESA melalui Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris sudah lebih dari 10 tahun menjadi mitra dengan RELO Indonesia. RELO sendiri merupakan salah satu kantor di bawah Kedubes AS yang mengurusi program pengembangan Bahasa Inggris. Berbagai program yang disponsori RELO Indonesia telah dijalankan FBS dalam bentuk bantuan dosen, pakar bahasa dan sastra, dan kesempatan pengembangan profesional melalui program singkat ke Amerika Serikat dan kuliah daring untuk para dosen.

Dalam pertemuan tersebut, FBS dan RELO membahas berbagai program yang berpotensi diselenggarakan sesuai dengan kepakaran dan praktik-praktik baik yang telah dilakukan sebelumnya. Beberapa program yang dinilai dapat menjadi prioritas program ke depan dengan sponsor dari RELO adalah pentingnya Academic Writing Center untuk memberikan layanan penulisan ilmiah bagi civitas akademika, dan perlunya isu-isu global seperti pemanasan global, kesetaraan gender, dan keragaman dan inklusi sosial untuk diintegrasikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah dan perguruan tinggi.

RELO memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris dalam mengembangkan materi berbasis ecoliteracy melalui National Centre for ELT Materials Development (NCELTMAD) dan juga berbagai pelatihan pengembangan kompetensi guru.

“Kami berkomitmen mengembangkan kemitraan dengan RELO melalui berbagai program pengembangan kemampuan bahasa Inggris untuk mahasiswa, guru, dan dosen. Komitmen ini sekaligus merupakan upaya untuk pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU), terutama terkait internasionalisasi prodi-prodi di FBS UNESA,” ucap Syafi’ul Anam.

Dia berharap proposal pengajuan English Language Fellow (ELF) dari RELO dapat disetujui. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapatkan pajanan langsung dari dosen asing selama 1 tahun. Selain itu, para dosen juga akan dapat berkolaborasi dengan ELF untuk berbagai kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed