Unesa dan CCU Kerja Sama Internasionalisasi Perguruan Tinggi

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Chinese Culture University (CCU) menjalin kerja sama peningkatan mutu pendidikan dan internasionalisasi perguruan tinggi. Kerja sama ini diinisiasi dua belah pihak di Taipei, Taiwan, pada 1 November 2023 lalu. Acara tersebut dipimpin langsung Prof. Dr. Madlazim, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Surabaya, dan Prof. Wang Tzu-Ci, Rektor Chinese Culture University (CCU).

Kerja sama ini bertujuan untuk memperluas kemitraan antara kedua universitas dalam berbagai aspek, termasuk pertukaran mahasiswa, dosen, penelitian bersama, serta pengembangan program akademik bersama. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih beragam dan mendalam bagi mahasiswa, serta membuka peluang bagi peningkatan kualitas pendidikan kedua universitas.

Baca juga  Top! SDI Raudlatul Jannah Waru Borong Juara di IEF 2024

Prof. Dr. Madlazim, Wakil Rektor Bidang 1 UNESA, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan mahasiswa UNESA untuk menghadapi tantangan global di era yang semakin terhubung ini. “Kami sangat antusias menjalin kerja sama dengan Chinese Culture University, sebuah universitas ternama di Asia dengan jumlah mahasiswa internasional yang banyak. Ini memungkinkan mahasiswa UNESA untuk memperluas wawasan, memahami budaya lain, dan memperkaya pengalaman belajar mereka,” ucap Madlazim dalam siaran pers yangvditerima majalahnurani.com.

Sementara itu, Prof. Wang Tzu-Ci, Rektor CCU, menyambut baik kerja sama tersebut. Dia menekankan pentingnya kolaborasi lintas budaya dalam dunia pendidikan tinggi. “Kami yakin bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua universitas, dan juga akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Taiwan dalam hal pendidikan tinggi,” kata Prof. Wang.

Baca juga  MA Alif Laam Miim Surabaya Pameran Pendidikan di IEF 2024, Siswanya Unjuk Kreatifitas

Agenda pertemuan inisiasi kerja sama ini diisi dengan diskusi mendalam mengenai rincian kerja sama yang akan dilaksanakan, pelaksanaan penandatanganan nota kesepahaman awal, serta kunjungan ke berbagai fasilitas pendidikan di Chinese Culture University. Kerja sama antara UNESA dan CCU ini menandai langkah besar dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan internasionalisasi perguruan tinggi, serta memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Taiwan.

Diharapkan bahwa hasil kerja sama ini memberikan manfaat bagi kedua universitas dan berkontribusi positif terhadap pendidikan tinggi di kedua negara. Dalam kesempatan kunjungan ini, wakil rektor bidang 1 didampingi Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si dan dosen FIKK Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. (Ra/Bagus, foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed