Hebat! SD Mudipat Kembali Sabet Medali Emas di Lomba Internasional

SD Muhammadiyah 4 Pucang atau biasa disebut SD Mudipat Surabaya kembali mengukir prestasi gemilang di kancah internasional. Baru-baru ini, dua tim SD Mudipat berhasil menyabet medali emas di lomba ISIF (International Science and Invention Fair) yang digelar di Universitas Udayana Jimbaran, Bali pada 7-12 November 2023. Diketahui bahwa lomba ini diikuti 819 tim dari 32 negara.

Karya siswa SD Mudipat yakni SmartTech Gas Guard 2.0. Di tim ini siswanya bernama Aqeela Shahmina, Gadis Felia Anugerah, Kiara Moudry, Syafeea Maryam, Daphne Maritza. Alat SmartTech Gas Guard 2.0 berfungsi mengantisipasi kebakaran, ledakan yang disebabkan gas elpiji di dalam rumah. Alat tersebut tersambung dengan aplikasi Blynk IOT di ponsel yang bisa diakses, meski pemiliknya berada di luar. Ketika ada kebocoran gas, maka ponsel langsung memberikan informasi berbunyi.

Baca juga  Dispendik Surabaya Gencarkan Pembekalan Guru Siswa Inklusi

Dari situ, pemilik juga bisa mengabari sekuriti atau keluarga di rumah untuk mengamankan gas yang bocor. Bahkan aplikasi ini juga bisa membuka pintu rumah secara otomatis untuk mencegah ledakan atau kebakaran. “Jadi untuk mengantisipasi kebakaran ketika rumahnya kosong ditinggal kerja,” ungkap penanggung jawab ekstrakulikuler SD Mudipat Endik Setyawan, Jumat (17/11) saat gelar konferensi pers di lantai 3 Gedung TMB SD Mudipat.

Karya selanjutnya alat berteknologi EVFA (The Effect of Vibration and Frequency for Fish Attractors). EVFA juga sudah didaftarkan di Kemenkumham RI pada 3 November. Siswa yang menciptakannya bernama Fritzi Shahabil Husna, Azka Athallah Arkananta, Ghaisani Meutia Hanum, Kenisha Nayla Muzzakir. Alat ini menghasilkan efek getaran dan frekuensi untuk menarik ikan mendekat.  Tentu fungsinya sangat membantu seseorang menangkap ikan di kolam. Sementara ini, alat masih difungsikan di air tawar. “Kedepan mau membuat untuk nelayan di laut,” kata Azka.

Baca juga  Pendaftar UNESA Jalur SNBT 2024 Meningkat, Prodi Vokasi Jadi Incaran

Kepala SD Mudipat Edy Susanto bersyukur siswanya kembali mengharumkan Bangsa Indonesia. Atas prestasi ini, pihak sekolah terus memfasilitasi agar kedepan semakin berkembang.

“Alhamdulillah tim KIR SD Mudipat mempunyai potensi penemuan ilmiah dan teknologi yang bermanfaat untuk kehidupan. Hasil karya ini atas bimbingan Bapak Budi Santoso,” tandasnya.

Maya, walimurid Azka, berterima kasih kepada SD Mudipat karena memfasilitasi anaknya mengikuti kejuaraan internasional. Dia berharap prestasi tersebut menjadi teladan bagi siswa lainnya. “Alhamdulillah terima kasih SD Mudipat atas dukungan dan bimbingannya,” terang Maya. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed