Smention 2023, Ajang Siswa Smamda Jadi Pebisnis

SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya menggelar pameran Smention 2023 pada Kamis (23/12) di basemant Tower Smamda Pucang, Surabaya. Diketahui bahwa Smention ini rangkaian kegiatan kompetisi entrepreneur tingkat SMA bertema “Building Future Enterprises with Developing Creativity, Innovation and Leadership”.

Smention merupakan kolaborasi antara SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dengan Mahasiswa PLP Universitas Negeri Surabaya. Tujuannya, memberikan wadah ke siswa Smamda mengembangkan ide-ide inovatif, menjadi pengusaha, bisnis yang solid dan berkelanjutan. “Dengan kemampuan bisnis plan anak-anak, kita tumbuhkan kreatifitas, inovasi baik bidang kuliner, maupun non kuliner,” ungkap Kepala Smamda Surabaya Astajab MM usai meninjau booth Smention.

Baca juga  Unusa Lantik 26 Dokter, Ada yang Atlet Ski Air

Pameran produk ekonomi kreatif ini menjadi prestasi para peserta. Dimana ide-ide brilian mereka akan diwujudkan dalam bentuk produk, layanan, atau konsep bisnis yang siap memasuki pasar nyata. Beberapa rangkaian kegiatan Smention  diantaranya seminar kewirausahaan, presentasi dan pelaksanaan pameran. Ada 40 booth mulai dari kelas 10 dan 11 yang memamerkan hasil karya siswa. Tiap tim terdiri dari 4-5 siswa.

Astajab mengaku, paling tidak dengan pameran Smention, siswa punya pengalaman menerjuni bisnis kuliner, kerajinan, layanan jasa atau menerjuni produk apapun. Mulai dari menghitung berapa biaya produksinya. Kalau dijual harganya berapa dan pemasarannya bagaimana. “Harapan kami, siswa bisa menjadi pengusaha muda yang sukses,” sambungnya.

Baca juga  Yayasan Al Muslim Sidoarjo Rayakan Milad ke-37

Romzi, siswa peserta Smention mengaku bahwa timnya membuat aplikasi website bernama POCA (Pick Up On your Canteen). Dia berharap, bersama Safira, Qois, Rafael dan Noval, websitenya bisa memudahkan temen-temen yang ingin memesan makanan di kantin tanpa ngantre dan hanya melalui ponsel saja. “Jadi bisa mengefisiensi waktu tanpa harus antre. Jadi sebelum istrahat uda bisa pesen,” jelas Safira.

Beda lagi dengan timnya Syifa yang mengusung kuliner kekinian. Ya, kuliner itu bernama Hypebap by Hypegirl. Ada dua menu. Pertama Chicken Katsu Kimbap dan Crabstick Kimbap. Dalam waktu singkat, dagangannya laris manis ludes terjual. “Ini yang paling laris saat ini. Langsung habis,” jelas Syifa. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed