Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Indonesia mencatatakan sejarah untuk pertama kalinya tim nasional Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia memastikan lolos ke 16 besar setelah terbantu hasil imbang pertandingan Kirgistan vs Oman dengan skor 1-1. Pertandingan tersebut digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (25/1/2024).

Hasil itu sudah cukup meloloskan Indonesia lewat jalur peringkat tiga terbaik. Timnas Indonesia sejauh ini mengemas 3 poin, berada di posisi 4 pada klasemen tim peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

Pratama Arhan dkk sendiri mengemas tiga poin hasil sekali kemenangan di fase grup. Tim Merah Putih bisa mengatasi Vietnam 1-0. Namun kalah Irak dan Jepang dengan skor masing-masing 1-3.

Baca juga  Pentingnya Bersikap Asertif Ketika Dibully

Kelolosan ini bersejarah sebab menjadi yang pertama kali dirasakan. Sebelumnya, Indonesia cuma mentok di fase grup dalam empat kesempatan sebelumnya.

Timnas Indonesia di 16 besar Piala Asia 2023 akan bertemu juara Grup B, Australia.
Sejauh ini Australia mengalahkan tim-tim kuat di fase grup seperti India (2-0), Suriah (1-0) dan bermain 1-1 dengan Uzbekistan. Tim Socceroos –julukan Australia– juga sanggup lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebelum dihentikan sang juara dunia, Argentina.

Pertandingan Indonesia vs Australia akan dilangsungkan di Jassim Bin Hamad Stadium pada Minggu, (28/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Lolos timnas Indonesia disyukuri ketua umum PSSI, Erick Thohir. Ia menyebut ini sebagai sejarah baru.

Baca juga  5.312 Aset Pemkot Surabaya Sudah Bersertifikat

“Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia,” cuitnya di media sosial X.

“Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan ofisial untuk bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Serta doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk Timnas!” pungkas Erick Thohir. (Ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed