Press "Enter" to skip to content

Al Muslim Gelar Family Day

“Pendidikan yang pertama dan utama Pendidikan keluarga
Asah asih asuh anak kita Agar jadi manusia seutuhnya.” Itulah cuplikan lagu “Mars Pendidikan Keluarga” ciptaan Sinung Widodo yang dinyanyikan oleh keluarga KB-TK Al Muslim dalam acara puncak Family Day (7/12/2019) yang digelar di halaman Al Muslim.

Pengembangan Potensi

Acara itu mengusung tema “Semangat Literasi Keluarga dalam Penguatan Karakter Anak”. Mengingat yang paling berperan dalam pembentukan karakter anak adalah keluarga selain sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu sekolah memaksimalkan peran keluarga dalam mendidik anak melalui berbagai program diantaranya Family Day.

Pembacaan ayat suci Al Quran oleh siswa TK A dan B mengawali puncak acara Family Day, Senam PAUD 2019 oleh seluruh peserta, dilanjutakan menyanyi mars Al Muslim dan pendidikan keluarga oleh para guru, orang tua, dan siswa.

Siti Aminah, selaku kepala KB-TK menyampaikan bahwa “Family Day merupakan salah satu program yang melibatkan peran serta keluarga guna menambah semangat dan kerjasama dalam pengembangan potensi anak didik secara optimal.

Family Day ini juga untuk mensinergikan pola pendidikan di rumah dan di sekolah dalam penguatan karakter anak, menjalin silaturrahmi saling sharing antar keluarga tentang permasalahan anak, dan memberikan kesempatan kepada orang tua menghias pojok baca kelas dan membacakan buku-bukunya bersama keluarga yang lain.

“Ini untuk mewujudkan Generasi Emas tahun 2045, Generani peminmpin yang rahmatan lil alamin,” ujar Siti kepada majalahnurani.com

Melatih Sportifitas

Ahmad Fahrizal Rahman, pengurus yayasan Al Muslim menyampaikan bahwa pada saat ini rata-rata para orang tua, baik ibu maupun ayah sibuk bekerja sehingga kesempatan untuk bermain bersama dan beriteraksi dengan anak kurang.

“Oleh sebab itu sekolah menyelenggarakan acara Family Day dimana kegiatannya melibatkan orang tua dan anak. Selain itu juga melatih sportifitas, kejujuran, dan tanggung anak yang dikemas melalui berbagai macam permainan,” tambahnya.

Usai seluruh peserta mengikuti gerak lagu Gernas Baku, serentak anak dan orang tua mengambil buku di pojok baca yang berada di kelas maupun hall. Kegiatan Family Day kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini lebih seru karena dikemas dengan Gernas Baku dan olah raga, diantaranya lomba menghias pojok baca kelas yang dikerjakan oleh para orang tua, guru, siswa kelas masing-masing pengerjaannya sudah dicicil sejak senin (2/12/2019)

“Hal ini bertujuan menambah minat baca dan koleksi buku sehingga anak betah di sekolah seharian. Apresiasi Pojok Baca Kelas pada puncak Family Day, adu yel-yel tema literasi diikuti oleh bunda-bunda menambah keseruan dan keceriaan,” sambung Siti.

Tak mau ketinggalan, para ayah pun mengikuti lomba estafet sarung setiap tim terdiri 8 orang. Selain itu ada lomba kekompakan keluarga diantaranya lomba memindahkan bola di atas tempeh diikuti oleh keluaga kelompok bermain, lomba kaki gajah diikuti oleh keluarga kelompok TK A, dan estafet balap karung diikuti oleh keluarga kelompok B.

Pada acara ini juga dihadiri oleh pengawas TK Kecamatan Waru, Anik Kartini dalam sambutannya beliau berharap agar bapak/ibu selalu mendukung program sekolah dan menindak lanjuti program sekolah untuk diterapkan di rumah, misalnya pembiasaan membacakan buku sebelum tidur, menerapkan doa-doa harian yang sudah diajarkan di sekolah, dan lain-lain. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *