Press "Enter" to skip to content

Sidoarjo Terapkan Sistem Buka Tutup Pasar Tradisional

Gugus Tugas COVID-19 Sidoarjo, Jawa Timur menerapkan sistem buka tutup pasar tradisional. Buka tutup pasar ini diterapkan selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua yang berlangsung sejak hari ini hingga 14 hari.

SEHARI BUKA

Wakil Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 dan Sekretaris PSBB Sidoarjo, Ainur Rahman, mengatakan, sistem buka tutup yakni sehari buka dan sehari berikutnya tutup.

“Sistem buka tutup pasar itu adalah dengan memperhatikan kondisi pasar. Artinya, pasar yang berdekatan tidak boleh tutup pada saat bersamaan supaya perputaran ekonomi tetap berjalan,” tutur Ainur Selasa (12/5/2020).

Dia menyontohkan, kalau Pasar Porong tutup, maka Pasar Larangan yang lokasinya dekat tidak boleh tutup. Ini merupakan opsi yang diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona di daerah ini.

Baca juga  Ditemukan Serpihan dan Potongan Tubuh dari Pesawat Lion Air

RAZIA

Aturan lainnya, lanjut Ainur adalah razia yang bisa dilakukan oleh petugas pada siang hari terhadap masyarakat yang keluar rumah dengan tujuan tidak jelas. Khusus untuk sepeda motor yang berboncengan saat ini ada kelonggaran dengan memperbolehkan asalkan orang tersebut tinggal satu rumah.

“Kami juga tetap menyiagakan titik pengecekan di beberapa pintu masuk dan keluar Kabupaten Sidoarjo,” tegasnya. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *