Press "Enter" to skip to content

Muhammadiyah Imbau Umat Salat Ied di Rumah

Pengurus Muhammadiyah  akan mengeluarkan surat edaran terkait imbauan beribadah di rumah kepada masyarakat, khususnya dalam pelaksanaan shalat sunnah Idul Fitri di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Advokasi MCCC PP Muhammadiyah, Ristawan mengaku pihaknya menganjurkan umat Islam agar shalat Idul Fitri di rumah. Imbauan ini akan diedarkan melalui surat.

“Sudah dibahas dan dirapatkan Pimpinan pusat majelis, nanti kami akan berusaha dan mengeluarkan edaran terkait kajian sholat di rumah dan kemudian akan kami masifkan ke pengurus di wilayah dan daerah,” ujarnya di Gedung BNPB, Kamis (14/5/2020).

PERSUASIF

Ristawan menilai sejauh ini upaya yang dilakukan pihaknya masih dalam lingkup persuasif dan edukatif sehingga besar harapannya, setiap pengurus Muhammadiyah di daerah dapat memberikan pemahaman yang baik bagi masyarakat agar tetap menahan diri untuk tidak beribadah di ruang publik.

Baca juga  Prabowo: Mari Bersatu, Jangan Saling Caci Maki

“Kami menyadari bahwa ini tidak berupa instruktif, jadi tetap persuasif tapi dengan surat edaran diharapkan itu merupakan instruksi resmi dari Pimpinan pusat yang memang harus dilaksanakan level pimpinan di bawahnya,” lanjutnya.

ANJURAN TAAT

Menurut Ristawan, pendekatan yang paling baik bagi masyarakat adalah dengan cara menyuruh namun dengan ajakan yang persuasif.

Selain memberikan himbauan tentang peribadatan di rumah, Muhammadiyah turut membantu Pemerintah dalam regulasi yang dikeluarkan seperti larangan mudik hingga anjuran mentaati protokol kesehatan covid-19 bagi Masyarakat.

“Selama ini kita hanya menghimbau, tapi tidak mengukur. Nah, dalam 3-4 bulan ke depan kami akan melakukan pemantauan secara terstruktur dan akan kita ukur indikatornya,” tukasnya. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *