Press "Enter" to skip to content

Empat Sunah Nabi untuk Melawan Covid-19

Oleh: Nur Cahya Hadi, Direktur Majalah Nurani Indonesia

Bismillah…

Saudaraku, di tengah pandemi Covid-19 yang lebih dikenal dengan Corona ini, banyak manusia yang mulai berusaha agar memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang prima. Ini sangat beralasan karena Corona memang menyerang daya tahan tubuh manusia. Kalau daya tahan atau imunitas seseorang lemah maka Corona akan dapat dengan mudah menyerang.

Tapi tahukah kita bahwa kalau kita mengikuti perintah Allah dan RasulullahNya akan dengan sendirinya membuat daya tahan tubuh atau imun kita menjadi semakin kuat? Ada empat Sunnah Rasulullah yang juga perintah Allah yang membuat daya tahan tubuh kita kuat dan Insya Allah terbebas dari Corona. Apa itu?

SHALAT TAHAJUD

Pertama adalah shalat Tahajud. Perintah shalat tahajud ini banyak disampaikan Allah dalam Alquran. Dalam shalat tahajud mengandung manfaat luar biasa, baik di dunia maupun di akhirat. Dan dalam shalat tahajud itu ternyata ada kelebihan luar biasa untuk meningkatkan daya tahan fisik dan rohani kita. Sebagaimana disebutkan Allah dalam Alquran:

اِنَّ نَا شِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـاً وَّاَقْوَمُ قِيْلًا ۗ 

“Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan.”

(QS. Al-Muzzammil ayat 6).

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa keutamaan shalat tahajud adalah mampu membangun imunitas diri dengan lebih baik dan bacaan shalatnya lebih merasuk ke dalam relung jiwa pelakunya.

Dalam Alquran surat Al Isro’, Allah juga memberikan janji yang terbaik kepada hambaNya yang melaksanakan shalat tahajud.

Baca juga  Ketika Ahli Puasa Divonis Masuk Neraka

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji( QS Al Isra’ ayat 79).

Siapa yang melakukan shalat tahajud akan diberi Allah derajat terbaik, tempat yang terpuji, baik di dunia maupun di akhirat. Tentu janji Allah ini mengindikasikan bahwa orang yang melaksakan shalat tahajud akan dijamin kehidupannya, kesehatannya, rezekinya dan segala macam kebutuhan hidupnya. Termasuk diantaranya daya tahan tubuhnya semakin kuat dan Insya Allah terhindar dari Corona.

MEMBACA ALQURAN

Yang kedua adalah membaca Alquran di akhir malam. Membaca Alquran di akhir malam juga bisa menambah daya tahan tubuh. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran:

Ta’ala berfirman:

, Ta’ala berfirman:

, “أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ ٱلْقُرْءَانَ تَرْتِيلًا 

Artinya: “Atau lebih dari sepertiga malam itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.” (QS Al Muzammil ayat 4).

Kita diperintahkan membaca Alquran di sepertiga malam terakhir setelah shalat tahajud. Di situ bacaan Alquran kita sangat berkesan dan menenangkan hati. Banyak ayat yang secara jelas memberikan informasi kepada umat Islam bahwa Alquran bisa menyembuhkan penyakit baik medis maupun rohani. Diantaranya adalah:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya:” Hai Manusia, sesunguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.'(QS Yunus ayat 57)

Baca juga  Jenazah Tsa'labah Dishalati Ribuan Malaikat, Apa Amalannya?

Dalam surat Al Israa’ juga ditanaskan:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Al-Israa: 82)

Jadi, dengan banyak membaca Alquran terutama di waktu akhir malam akan membuat daya tahan tubuh kita menjadi semakin kuat.

SHALAT SUBUH

Shalat subuh, apalagi kalau di lakukan berjamaah di masjid juga mendapat jaminan dari Allah. Pada saat udara pagi segar dan bersih, kita berjalan di masjid. Jalannya dapat pahala dan sehat. Sementara shalat jamaahnya mendapat jaminan dari Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah:

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim)

Jaminan Allah disini meliputi banyak hal. Jaminan keamanan, kesehatan, rezeki, dan sebagainya. Kalau sudah dijamin oleh Allah maka tidak satupun orang atau makhluk yang bisa mencelakakan kita. Termasuk Insya Allah dilindungi dari  wabah Corona.

Baca juga  Idul Fitri di India, Lockdown Karena Covid-19

SEDEKAH PAGI

Banyak hadis yang menjelaskan kepada kita soal keajaiban sedekah. Mengapa kita melakukan sedekah di pagi hari saat ke berangkat ke masjid shalat subuh atau berangkat ke kantor? Karena sedekah itu kata Rasulullah ‘tadfaul balak”. Sedekah bisa menjauhkan kita dari Mala petaka atau musibah.

Di hadis lain juga dijelaskan bahwa kita dianjurkan Rasulullah untuk menyembuhkan sakit kita dengan sedekah. ” Dawu mardhokum bisedekah”, artinya sembuhkan sakitmu dengan sedekah.

Kenapa dilakukan di pagi  hari? Karena sedekah yg dilakukan di pagi hari akan didoakan malaikat sebagaimana sabda Rasulullah: Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR Bukhari dan Muslim).

Jelaslah bahwa kita akan mendapat perlindungan dari mara bahaya dan musibah, ketika mengawali pagi hari kita dengan bersedekah.

Semoga bermanfaat.(01)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *