Catat! Mulai 1 Agustus, UNESA Buka Pendaftaran Prodi Kedokteran

Kabar baik datang dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Kampus bertagline ‘Satu Langkah di Depan’ itu membuka prodi Kedokteran pada jalur SPMB 2023 ini. Pendaftarannya dimulai pada 1-9 Agustus 2023. Keputusan pembukaan prodi Kedokteran tersebut menyusul setelah turunnya SK atau rekomendasi dari sejumlah pihak mulai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), LAM-PTKes hingga Gubernur Jatim.

“Kesiapan kami sudah diasesmen dan divisitasi beberapa kali oleh sejumlah pihak, seperti Kemenkes sejak akhir tahun lalu dan terakhir dari KKI beberapa tahap lalu LAM-PTKes pekan lalu. Alhamdulillah rekomendasi dari semua pihak sudah turun,” ucap Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes dalam siaran pers yang diterima majalahnurani.com, Senin (31/7).

Baca juga  Institut Leimena Gandeng Unusa Kembangkan Literasi Keagamaan Lintas Budaya

Cak Hasan, sapaan akrab rektor, menambahkan bahwa FK sudah memiliki gedung sendiri yang letaknya di sebelah kanan gedung rektorat. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan akademik maupun praktek mahasiswa-dosen. Laboratorium pun sudah tersedia di sana. Jumlahnya ada 12 laboratorium (lab) dengan berbagai fasilitas pokok dan pendukungnya. Ada Lab Anatomi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Parasitologi, Fisiologi, Mikrobiologi, Biokimia, Histologi, Osce dan Keterampilan Klinik Medis, Kesehatan Masyarakat dan Komunitas hingga Lab Bioetika dan Humaniora Kesehatan.

Selain itu, pihaknya sudah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang ada di Surabaya di antaranya RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH). Selain itu, juga bermitra dengan banyak rumah sakit yang ada di kota dan kabupaten lain seperti RSUD dr. Sayidiman, Magetan. Sejumlah mitra itu selain menjadi tempat praktek mahasiswa juga secara umum menjadi rumah sakit pendidikan satelit bagi UNESA. Artinya, para mitra itu menjadi rumah sakit umum yang digunakan institusi pendidikan guna mencapai kompetensi tenaga kesehatan di bidang kedokteran.

Baca juga  Kontribusi Turunkan Stunting, Guru Besar UNAIR Terima Penghargaan dari BKKBN

FK UNESA, lanjut Cak Hasan, memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan FK yang ada di kampus lain. FK di kampusnya punya muatan keolahragaan. Komposisi atau muatannya secara dominan memang terkait kedokteran seperti pada umumnya, tetapi juga ada sekian persen muatan keolahragaan. “FK ini merupakan upaya kami dalam menjawab kebutuhan dokter di Indonesia yang masih kurang. Rasio jumlah dokter dengan jumlah penduduk kita yaitu 0,42 dokter per 1.000 populasi. Padahal standar WHO, idealnya satu dokter per 1.000 populasi. Itu yang menjadi semangat kami,” ucap Dekan FK, Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes.

Dia menambahkan, prodi Kedokteran UNESA mulai membuka pendaftaran pada 1-9 Agustus 2023. Setelah itu, pendaftar mengikuti tes psikologi pada 10 Agustus 2023. Lalu ujian tes berbasis komputer pada 11 Agustus 2023 dan pengumuman hasil ujian pada 13 Agustus 2023. Selanjutnya, tes kesehatan dilakukan pada 14 Agustus dan pendaftaran ulang pada 16-18 Agustus 2023. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung ke laman, https://admisi.unesa.ac.id/. (Bg, foto: UNESA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed