Pendaftaran S1 Ilmu Politik UNESA Baru Dibuka, Catat Tanggalnya!

Prodi studi (prodi) baru dibuka di Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Prodi yang dimaksud adalah S-1 Ilmu Politik yang bernaung di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH). Pendaftaran calon mahasiswa baru sudah dibuka sejak 31 Juli hingga 11 Agustus 2023. Koordinator prodi (Koorprodi) Ilmu Politik, Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP., mengatakan bahwa pendirian prodi ini didasarkan pada kebutuhan kompetensi ilmu politik dan berbagai alasan penting lainnya.

“Kita tak sekadar membuat prodi, tetapi ada misi keilmuan dan kompetensi di tengah dinamika politik negara kita bahkan dunia yang sangat dinamis. Prodi kami memiliki unggulan tersendiri yang membedakannya dengan prodi yang serupa di kampus lain,” ucapnya dalam sosialisasi di Rektorat, Selasa (2/8).

Ilmu politik UNESA tidak hanya berfokus pada politik praktik, tetapi juga menyoroti pergeseran dan dinamika politik di lapangan termasuk pengaruh transformasi digital dan teknologi dalam ranah politik. Karena itu, mahasiswa juga akan mempelajari politik digital dan big data. Selain itu, mempelajari banyak hal di antaranya relasi kuasa negara dan rakyat, negara dengan individu dan negara dengan unsur lainnya. Juga tentang tata kelola pemerintahan, politik perempuan termasuk gender dan politik, politik global dan lokal, big data dan politik digital hingga persoalan pers dan politik identitas.

Baca juga  Unusa Buka Layanan Cek Kesehatan Gratis di Pameran Sekolah IEF 2024

“Ada yang jadi pembeda juga, kami memiliki muatan politik identitas yang era digital ini menjadi bidang perhatian dan menentukan dinamika publik. Kita ingin menjadi candradimukanya politik identitas di Indonesia,” terangnya.

Kendati prodi ini baru, tetapi SDM-nya termasuk dosen-dosennya merupakan para pakar ilmu politik dan praktisi di bidang politik. Adapun profil lulusan sarjana Ilmu Politik UNESA nanti yaitu memiliki pemahaman tentang politik dan dinamikanya baik di Indonesia maupun global; memiliki kemampuan mengelola dan mendistribusikan data dalam persoalan sosial, publik, politik, budaya dan lain sebagainya; dan memiliki pemahaman dan kemampuan terkait pers dan politik.

“Lulusan nanti bisa berkarir di mana saja, bisa masuk ke pemerintahan lokal hingga pusat, pengamat, peneliti, dosen, jurnalis politik, konsultan hingga menjadi pegiat lembaga masyarakat. Bisa juga menjadi public relation di lembaga-lembaga politik,” beber Mubarok.

Baca juga  MTC 2024 SMA Khadijah Resmi Dibuka, Ajang Adu Bakat Siswa

Dr. Ainur Rifqi, S.Pd., M.Pd., Kepala Seksi Prestasi dan Jalur Khusus Mahasiswa, Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa UNESA, mengatakan, pendaftaran prodi Ilmu Politik dibuka hingga 11 Agustus 2023. Informasi lebih lanjut terkait syarat dan cara pendaftaran bisa mengunjungi laman, www.admisi.unesa.ac.id. Sementara pendaftarannya bisa dilakukan di laman, https://pmb.unesa.ac.id/.

“Ini yang banyak ditanyakan juga terkait uang kuliah. Kalau di UNESA ada namanya uang kuliah tunggal atau UKT dan sumbangan pengembangan institusi atau SPI. Terkait pendaftaran nanti bisa dilakukan dilakukan di laman, Setelah pendaftaran, peserta akan melakukan tes tulis berbasis komputer yang bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Tesnya pada 13 Agustus 2023. Misalnya ada kendala teknis di rumah, bisa menghubungi tim Admisi. (Bg, foto: UNESA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed