Merdeka! Sekolah Karakter Gelar Drama Detik-detik Proklamasi

SD Muhammadiyah 24 Surabaya melaksanakan kegiatan semarak HUT RI ke-78 selama 1 pekan penuh dengan berbagai kegiatan yang menggambarkan tentang semangat nasionalisme dan cinta tanah air. Kegiatan dilaksanakan di 3 kampus Sekolah Karakter dan puncaknya adalah upacara bendera di Taman Jangkar dilanjutkan dengan persembahan drama dengan tajuk Peristiwa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Merdeka!

Kepala Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya Ustadzah Norma Setiyaningrum, M.Pd menyampaikan dalam pidatonya soal kemerdekaan adalah anugrah Allah SWT.

“Kemerdekaan adalah anugrah Allah SWT maka mari kita syukuri kemerdekaan ini dengan karya dan tindakan yang diridhoi Allah. Kemerdekaan adalah hasil perjuangan para pahlawan pendahulu kita, maka mari kita lanjutkan perjuangan dengan melakukan yang terbaik sesuai posisi kita masing-masing,” tuturnya.

Baca juga  Pameran Sekolah Islam IEF 2024 Resmi Dibuka, Ayo Daftarkan Putra Putri Anda!

Masih dalam sambutannya Ustadzah Norma juga menyampaikan, karakter disiplin, amanah, pembelajar, tanggung jawab, kerjasama dan tolong-menolong adalah karakter pemimpin masa depan. “Mari bersama-sama kuatkan semangat berkarakter untuk Indonesia maju,” sambungnya.

Kegiatan upacara peringatan HUT RI ke-78 SD Muhammadiyah 24 Surabaya diikuti oleh sekitar 435 siswa, 180 perwakilan wali murid, dan 43 ustadz ustadzah. Dengan kostum tema pejuang dan pakaian adat nasional siswa dan wali murid sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Ditambah lagi pertunjukan drama Peristiwa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disutradarai Ustadzah Zuli dan Ustadz Fahmi sangat mengena di hati peserta upacara. Terbayang peristiwa 78 tahun yang lalu sehingga beberapa sampai meneteskan air mata karena terharu.

Baca juga  MA Alif Laam Miim Surabaya Pameran Pendidikan di IEF 2024, Siswanya Unjuk Kreatifitas

Selain itu, kegiatan semarak kemerdekaan Sekolah Karakter juga dimeriahkan dengan lomba keluarga karakter, mulai lomba untuk para siswa, guru dan wali murid. Ada juga lomba kelas inspiratif yang merupakan lomba antar kelas. Indikator lomba kelas inspiratif ini meliputi kelengkapan administrasi kelas, kebersihan, keindahan, pojok baca dan hiasan literasi kelas. “Jadi semarak HUT RI ke 78 ini, kami kemas sedikian rupa untuk menumbuhkan semangat melakukan yang terbaik untuk Indonesia maju,” tegas Ustadzah Norma yang juga aktif di Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surabaya. (Ra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed