Rektor UNAIR Minta 1.623 Maba Pascasarjana Kembangkan Ilmu Pengetahuan

Universitas Airlangga (UNAIR) resmi mengukuhkan sebanyak 1.623 mahasiswa baru (maba) program doktor, magister, spesialis, dan profesi di ruang Garuda Mukti kampus MERR (C) UNAIR pada Jumat (18/8). Dalam sambutannya, Rektor UNAIR Prof Dr Moh Nasih SE MT Ak mengapresiasi semangat dan dorongan para maba untuk menimba ilmu di jenjang yang lebih tinggi. Rektor juga mengingatkan untuk bersyukur dan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin saat berkuliah di perguruan tinggi terbaik ke-345 versi QS World University itu.

Momen pengukuhan ini sekaligus menjadi langkah awal dalam meningkatkan reputasi akademik UNAIR, melalui riset-riset berkualitas yang dihasilkan oleh program perkuliahan S2 dan S3. Tidak hanya penelitian bersifat ilmiah, mahasiswa pascasarjana juga dapat melakukan riset yang bersifat pengembangan kebijakan, berdasarkan pengalaman selama menjalani profesi tertentu.

Baca juga  Al Falah Darussalam Tropodo Raih Juara 1 Lomba Tahfidz IEF 2024

Guru besar bidang akuntansi tersebut mengarahkan mahasiswa untuk dapat mengembangkan keingintahuan akan bermacam pengetahuan, utamanya yang masih menjadi persoalan bagi bangsa dan negara. “Sekali lagi kami berharap untuk kawan-kawan gaspol, segera, jangan kasih kendor semangat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Karena seperti yang kita ketahui, keberhasilan magister dan doktoral sangat ditentukan dari penyelesaian tugas akhir,” jelasnya.

Berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya, maba pascasarjana kini dituntut memiliki peran dominan dan proaktif dalam sistem pembelajaran. Sehingga, mahasiswa dapat mengeksplorasi secara mandiri kegiatan-kegiatan yang mampu menunjang terselesaikannya tesis maupun disertasi. “Kawan-kawan juga dapat ikut serta dalam berbagai riset yang dilakukan oleh dosen, untuk dapat memperoleh manfaat dan menyelesaikan studi tepat waktu,” sebutnya.

Baca juga  UNESA Tuan Rumah Konaspi XI 2024: Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045

Sebagai informasi, di tahun 2023, UNAIR diketahui berhasil menerbitkan lebih dari 1800 publikasi yang di antaranya terindeks Scopus. Tahun ini, UNAIR menerima sejumlah mahasiswa yang di antaranya menempati posisi strategis di masyarakat. Sebut saja Direktur Kepatuhan Bank Syariah Indonesia, Tribuana Tungga Dewi, Ketua Umum KONI Jawa Timur Muhammad Nabil, Wakil Ketua KADIN Jawa Timur Turino Junaedi, serta penyanyi Ashanty. (Ra, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed