SD Al Muslim Safari ke Yayasan Kanker, Tumbuhkan Kepedulian Anak

SD Al Muslim Sidoarjo menggelar safari sosial ke YPKAI Peduli Kanker Surabaya pada Kamis (7/9). Program Leadership ”Safari Sosial” bertujuan untuk mengubah sikap diri negatif menjadi sikap diri positif. Melalui penanaman sikap syukur dengan melakukan visitasi ke beberapa tempat sosial seperti rumah singgah kanker, panti asuhan, panti werda, yayasan anak penyandang cacat, dan sebagainya.

Ketua Pelaksana Safari Sosial SD Al Muslim  2023, Triana Puspita Sari mengaku, tujuan kegiatan ”Safari Sosial” diantaranya yaitu meningkatkan kepedulian terhadap sesama melalui infaq/sedekah kepada yang membutuhkan. Kemudian menumbuhkan rasa syukur pada diri siswa terhadap anugerah yang dimiliki dan mendorong siswa untuk merubah sikap diri negatif menjadi sikap diri positif. “Menanamkan aplikasi akhlak terhadap sesama (dapat menyatu dengan orang lain), serta melaksanakan program leadership,” ungkapnya.

Baca juga  Pameran Sekolah Islam IEF 2024 Resmi Dibuka, Ayo Daftarkan Putra Putri Anda!

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi perwakilan 8 siswa dari kelas 4 dan kelas 5. Acara diawali oleh Pembukaan (MC) kemudian dilanjutkan sambutan penanggung jawab kegiatan. Dilanjutkan hiburan (panggung boneka) oleh siswa SD Al Muslim, penyerahan bingkisan secara simbolis, doa dan penutup, serta foto bersama.

Menurut Triana, biaya safari sosial ini berasal dari uang infaq Jumat siswa yang dikumpulkan secara istiqomah setiap hari Jumat. Bagi SD Al Muslim, kegiatan Safari Sosial ini sangat berkesan dan melatih menumbuhkan empati serta peduli terhadap sesama. Saat siswa SD Al Muslim menghibur anak-anak penyandang kanker dengan pementasan panggung boneka tangan, mereka dengan semangat dan tulus berkarya. Mengusung judul cerita yaitu “Pentingnya Cita-Cita” mengartikan bahwa semua anak berhak memiliki cita-cita, apapun dan bagaimanapun kondisi yang ada pada dirinya. “Selalu memotivasi diri dan bersemangat dalam menjalani kehidupan dengan selalu bersyukur kepada Allah SWT,” sambungnya.

Baca juga  Top! SDI Raudlatul Jannah Waru Borong Juara di IEF 2024

Tak kalah bersemangat juga dengan anak-anak penyandang kanker yang sangat riang menyaksikan pertunjukan panggung boneka tangan dengan seringnya mereka bertepuk tangan sambil tersenyum dan tertawa. “Bismillah, semoga dengan dilaksanakannya kegiatan safari sosial ini semakin menumbuhkan rasa syukur serta kepedulian terhadap sesama. Amin,” harap Triana.

“Saya sangat terharu, sedih dan merasa harus lebih banyak bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepadaku,” ucap lirih Azza kelas IV Al Farabi, Kids Leader SD Al Muslim. (Ra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed