Smamda Cup 2024, Ajang Siswa SMP se-Surabaya Raya Adu Bakat

Smamda Cup 2024 resmi digelar sejak kemarin. Di ajang ini, ratusan siswa SMP se-Surabaya Raya adu bakat dan kecerdasan. Seperti dari pantauan majalahnurani.com Sabtu (27/1) di lantai 8 Tower SMA Muhammadiyah 2 (Smamda ) Surabaya tengah berlangsung lomba basket antara SMPN 19 Surabaya melawan SMP Gema 45. Sementara di lantai 6, siswa unjuk kebolehan di ajang lomba da’i. Kemudian di lantai 2, siswa juga antusias mengikuti lomba tahfiz.

Kepala Smamda Surabaya Ustaz Astajab MM menuturkan, digelarnya Smamda Cup yakni untuk memberikan ruang ke seluruh siswa. Khususnya siswa SMP se-Surabaya Raya untuk unjuk kecerdasan.

“Ini ajang mengeskpresikan dan mengembangkan bakat siswa. Mulai lomba basket, futsal, cerdas cermat, dan keagamaan,” ungkap Ustaz Astajab.

Baca juga  72 Siswa Sekolah Karakter SDM 24 Surabaya Ikuti Munaqosyah

Tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kata Astajab, Smamda Cup 2024 lebih banyak lomba yang mengusung keilmuan dan keagamaan. “Kalau tahun lalu kan banyak lomba sport dan art. Tahun ini lomba lebih keilmuan dan keagamaan,” sambungnya.

Istimewanya, Smamda sudah menyiapkan beasiswa bagi para juara. Nantinya mereka yang ingin melanjutkan sekolah di Smamda maka akan ada beasiswa pendidikan.
“Seluruh lomba, juaranya diberi fasilitas beasiswa khusus untuk biaya pendidikan ketika melanjutkan ke Smamda,” urai Astajab.

Dari data panitia, tercatat ada ratusan peserta yang mengikuti. Diantaranya futsal diikuti 42 tim. Kemudian Basket Pa ada 21 tim. Basket Pi ada 19 tim. Jurnalistik ada 13 peserta, fotografi ada 18 peserta. Musik band 14 grup. Olimp PMR ada 47. Dai ada 19, fahfidz ada 40, english ada 52, sinema ada 11 dan panahan ada 170 peserta.

Baca juga  Yayasan Al Muslim Sidoarjo Rayakan Milad ke-37

Salsabilah siswi MTsN 3 Rungkut juga bersyukur bisa tampil di lomba dai. Menurutnya dengan adanya Smamda Cup, maka memberikan ruang agar siswa tampil berani bicara. “Ini bisa menambah wawasan saya. Kemudian juga melatih skill saya juga. Tadi saya ceramah yang pesannya tentang akhlak,” terangnya.

Salma, siswi SMP Islam Al Amal mengaku senang bisa ikut lomba tahfiz. Dia sempat gerogi lantaran banyaknya peserta yang ikut. Namun dia akhirnya bersyukur bisa menghafal quran dengan lancar. “Iya sempet grogi. Saya pengen bisa menang,” ungkapnya. (Ra/Bagus, foto: Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed