Mulai Besok, Jemaah Haji Gelombang Dua Tiba di Debarkasi Surabaya

Fase kedatangan jemaah haji gelombang pertama di Debarkasi Surabaya berakhir Kamis (4/7). Kelompok terbang (kloter) 46 yang merupakan gabungan dari Kabupaten dan Kota Pasuruan adalah kloter terakhir dari Debarkasi Surabaya yang diterbangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Kloter 46 akan tiba di Bandara Internasional Juanda pada Kamis pukul 17.55 WIB.

Sementara itu, fase kedatangan jemaah haji gelombang kedua akan dimulai pada Jumat (5/7) . Kedatangan kelompok terbang (kloter) 47 dari Kabupaten Lumajang akan menandai kedatangan jemaah haji gelombang kedua. Berbeda dengan gelombang pertama, kloter 47 akan terbang menuju Surabaya dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan akan mendarat di Bandara Internasional Juanda pada pukul 07.50 WIB pada Jumat besok.

Baca juga  Pemprov NTT Sambut Kedatangan Jemaah Hajinya di Surabaya

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris menjelaskan para jemaah haji gelombang kedua akan pulang ke tanah air dengan memakai seragam batik haji sebagaimana jemaah haji gelombang satu.
“Ketika berangkat ke tanah suci, jemaah haji gelombang kedua memakai pakaian ihrom. Karena sudah selesai melaksanakan ibadah haji, jemaah kembali ke tanah air dengan memakai batik haji,” terang Haris.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur ini juga menjelaskan jemaah haji terbang ke tanah air dengan menggunakan pesawat maskapai Saudia Airlines. “Tidak ada perbedaan maskapai maupun tipe pesawat,” tuturnya.

Total 60 kloter akan diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah hingga kloter 106 yang dijadwalkan terbang pada 21 Juli dan tiba di tanah air pada 22 Juli 2024.

Baca juga  166 Ribu Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air

Saat ini Debarkasi Surabaya telah menerima kedatangan 42 kloter dan semua kloter telah tiba di daerah masing-masing. Empat puluh dua kloter ini terdiri dari 15.351 jemaah dan 210 petugas yang totalnya adalah 15.561 orang. Jika diprosentasekan jumlah tersebut sudah mencapai 40% dari total keseluruhan.

Haris juga menyampaikan jumlah terakhir jemaah haji Debarkasi Surabaya yang wafat di tanah suci sejumlah 66 orang.

“Jumlah ini sekitar 18% persen dari total keseluruhan dari Indonesia sejumlah 367 jemaah yang telah wafat,” terangnya. (Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed