by

Pemkab Pasuruan Kembali Berangkatkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru

Untuk kali ketiga Pemerintah Kabupaten Pasuruan kembali menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat terdampak bencana alam erupsi gunung Semeru pada Ahad (19/12).

Rombongan armada berasal dari lintas komunitas masyarakat tersebut diberangkatkan oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dari halaman Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti.

Dikutip dari pasuriankab.go.id, diantara iring-iringan kendaraan yang mengangkut bermacam bantuan tersebut terdapat mobil Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan dan ambulance. Berikut beberapa kendaraan lainnya yang mengantarkan rombongan menuju lokasi Posko Bencana Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang.

Selain mengantarkan para relawan dari PMI Kabupaten Pasuruan, turut-serta dalam rombongan, Kwarcab Pramuka, Dinas Pendidikan dan PGRI Kabupaten Pasuruan. Adapun bantuan berupa sejumlah uang tunai, sembako dan bermacam kebutuhan warga terdampak erupsi.

Dalam agenda Pelepasan Penyerahan Bantuan Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron tersebut, Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak. Yakni seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan yang telah mendonasikan sebagian hartanya untuk diberikan kepada korban bencana alam di Kabupaten Lumajang.

Baca juga  Berkunjung ke Alun – Alun Surabaya Pendaftarannya Via Online

Dari dana sosial yang terkumpul secara kolektif dari berbagai kalangan selama beberapa hari tersebut ternyata berhasil mengumpulkan nominal yang cukup fantastis. Rekapitulasi perolehan donasi hingga hari ini mencapai Rp 566.653.000. Rinciannya, Kwarcab Pramuka sebesar Rp 210.755.000, Dinas Pendidikan sebesar Rp 210.000.000, PGRI sebesar Rp 109.755.000.

Sedangkan PMI menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 26.567.000 dan bantuan dapur umum. Tidak ketinggalan pula dari komunitas pecinta bola yakni Laga Amal Club Sepak Bola yang telah menyerahkan bunga-bunga sosial hasil spontanitas di sela-sela latihannya sebesar Rp 10.000.000.

“Terimakasih Pak Wakil Bupati, Kyai Mujib Imron yang tadi sudah menyampaikan secara jelas tentang bantuan yang akan kita berangkatkan. Beberapa hari lalu saya juga memberangkatkan bantuan dari PCNU. Ini bukti bahwa masyarakat Kabupaten Pasuruan sangat peduli dengan penderitaan saudara-saudara kita terdampak erupsi Semeru,” tutur Bupati dalam sambutannya, sesaat sebelum memberangkatkan rombongan yang juga diikuti oleh Wakil Ketiga sekaligus Ketua Harian PMI Kabupaten Pasuruan, Yudha Tri Widya Sasongko.

Baca juga  Pemkot Surabaya Data Ulang Pedagang TPS Pasar Turi

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ridwan Harris dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait itu, Kepala Daerah berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan. Yakni agar selalu peduli terhadap sesama dengan membantu mereka yang sedang ditimpa bencana dan kesusahan.

“Nilainya lebih kepada membangkitkan rasa kepedulian, membantu masyarakat yang tidak mampu. Intinya sodaqoh untuk sesama. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa menjaga kita semua dari segala bala bencana. Semua komponen sudah bergerak membantu. Bahkan dari komunitas bola, hasil spontanitas waktu latihan,” ujar Bupati seraya tersenyum.

Sebelumnya, dalam sambutannya Wakil Bupati Mujib Imron mengapresiasi kebaikan kolektif yang telah terkumpul. Selanjutnya hari ini diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk wargakorban terdampak erupsi.

Baca juga  Vaksinasi Anak, Bhayangkari Cabang Mojokerto Kota Bagi Hadiah dan Hadirkan Badut

“Alhamdulillah, baik dari Kwarcab Pramuka, PMI, Dindik, PGRI dan Laga Amal Club Sepak Bola sudah mengumpulkan bantuan untuk korban Semeru. Hanya dalam waktu sekitar seminggu saja. Total 566 Juta lebih. Mudah-mudahan dengan sodaqoh kita, Allah memberkati masyarakat Kabupaten Pasuruan,” ungkap Gus Mujib sapaan akrab Wakil Bupati. (nizar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed