Lestarikan Ekosistem Sungai, Ratusan Siswa SMP Muda Tabur Benih Ikan

Sekolah Keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains, SMP Muhammadiyah 2 Surabaya menyambut tahun ajaran baru dengan mengenalkan lingkungan sekolah melalui MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang bertajuk Forum Ta’aruf Siswa atau FORTASI.

Ada beragam cara dalam mengisi MPLS. Salah satunya dengan mengenalkan kegiatan sosial maupun pelestarian lingkungan. Hal ini pula yang dilakukan SMP Muhammadiyah 2 (Muda) Surabaya pada hari keempat, pelaksanaan MPLS, Kamis (20/7).

Dalam mengisi kegiatan MPLS, sekolah keberbakatan mengajak 210 siswa baru melakukan pelestarian ekosistem sungai. Cara ini dengan menyebarkan benih ikan di sungai Kalimas. Langkah ini untuk mengedukasi siswa pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan.

Baca juga  Unusa Buka Layanan Cek Kesehatan Gratis di Pameran Sekolah IEF 2024

Waka Kesiswaaan Muda Surabaya, Imam Haromain mengungkapkan kegiatan ini untuk melestarikan ekosistem yang ada di Sungai Kalimas. Jenis ikannya pun beragam. Mulai ikan nila, lele dan ikan mas. “Juga memberikan edukasi kepada pelajar siswa baru agar bisa menjaga pelestarian ekosistem disini,” ujar dia.

Ditambahkan ketua MPLS Muda Surabaya, Daffa Oracle MPLS tahun ini mengangkat tema adventure and learning together. Bukan hanya belajar disekolah melainkan mengajak siswa baru belajar diluar ruangan. Tak hanya itu, siswa juga diajak untuk self love animal.

Salah satu peserta MPLS, Alghor Ahmad Arian mengungkapkan kesan pertamanya mengikuti kegiatan MPLS diluar sekolah. Ada banyak pengalaman yang diambil. Mulai edukasi hewan, hingga pelestarian lingkungan. “Paling suka waktu tebar benih ikan,” ungkap lulusan SD Patemon 1. (Bg, foto: dok. SMP Muda)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed