SD Al Muslim Raih Juara Umum Whole School Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan SD Al Muslim Sidoarjo Jawa Timur sebagai juara umum “Whole School” (menyeluruh) dalam Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar tingkat Nasional 2019.

Lomba Grand Final Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-6 tahun 2019 ini dilaksanakan di hotel mercure Grand Mirama Surabaya ini berlangsung empat hari, 15-18 Oktober 2019 dan diikuti sekolah-sekolah terbaik yang lolos masuk grand final dari berbagai pelosok negeri.

Unggul

Whole School merupakan predikat juara umum yang diberikan berkaitan unggul dalam segala komponen mutu pendidikan nasional yang meliputi manajemen berbasis sekolah, pembelajar, ektrakurikuler, perpustakaan, dan UKS.

Juara umun ini diberikan langsung oleh Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Khamim.

Baca juga  Satpol PP Surabaya Perketat Penertiban di 137 Traffic Light dan Pedestrian

Lomba Budaya Mutu (LBM) merupakan lomba tahunan yang dilaksanakan Kemendikbud RI dalam rangka mengapresiasi serta memberikan pembinaan terkait usaha memajukan sekolah dengan aneka inovasi, kreasi pengembangan diri peserta didik.

“SD Al Muslim merasa senang sekali dapat mengikuti grand final Lomba Budaya Mutu, mempertemukan dengan sekolah-sekolah hebat se-Indonesia. Usaha yang keras akan berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan,” kata Kepala SD Al Muslim Fatimatuz Zahro, M.Pd kepada majalahnurami.com Sabtu (19/10/2019)

Menurut Fatima, Kegiatan Nasioal yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi pembuktian eksistensi kualitas sekolah secara nasional.

Sekaligus menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa, sekolah-sekolah mana saja yang memiliki budaya mutu terbaik.

Baca juga  Satpol PP Surabaya Perketat Penertiban di 137 Traffic Light dan Pedestrian

“Alhamdulillah, SD Al Muslim sebagai Juara Umum Whole School Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2019. Ini semua berkat sinergi yang baik antara sekolah, siswa, orang tua serta para pembinanya. Semoga SD Al Muslim tetap istiqamah untuk memberikan pendidikan yang bermutu,” jelas Fatimatus.

Konsep Rahmatan Lil Al-Amin

Dia juga menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraih tidak terlepas dari sinergi semua komponen yang ada. Mulai dari Yayasan, Badan Pendukung Kegiatan Sekolah (BPKS), orang tua siswa, guru, tenaga kependidikan yang solid. Harapannya prestasi ini dapat menginspirasi sekolah sekitar khususnya dan sekolah seluruh nusantara pada umumnya.

Terbukti esok hari setelah Grand Final Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional selesai, SD Al Muslim dikunjungi tiga sekolah sekaligus yakni SD Fastabiqul Khairat (Samarinda), SD Al Jannah (Depok), dan SD Al Azhar (Semarang) untuk memberikan informasi terkait dengan sistem pembelajaran, kurikulum, dan hal-hal yang berkaitan dengan budaya mutu.

Baca juga  Satpol PP Surabaya Perketat Penertiban di 137 Traffic Light dan Pedestrian

“Kami senang dan terbuka berbagi ilmu dan pengalaman untuk kemajuan bangsa ini dalam dunia pendidikan. Hal tersebut juga merupakan konsep visi kami yakni rahmatan lil alami atau bermanfaat untuk orang lain”. Tegas Wiji Agustin salah satu tim budaya mutu SD Al Muslim.01/ Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed