KPU Jatim Siapkan 416 TPS Khusus, Terbanyak di Ponpes

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menetapkan 31.402.842 orang yang terdata sebagai daftar pemilih tetap (DPT). Ini disampaikan anggota Komisioner KPU Jatim Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia, Rabu (12/7).  Menurutnya data itu hasil tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih.

Jumlah pemilih perempuan tercatat 15.907.286 orang. Sementara pria sebanyak 15.495.556 orang. TPS lokasi khusus (loksus) di Jatim meningkat dibanding 2019. TPS loksus ini terletak di pondok pesantren, lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, kampus yang memiliki asrama. Jumlah TPS loksus di Jatim sebanyak 416.

“Dengan jumlah terbanyak ada di pondok pesantren, dengan persentasenya 50 persen lebih dengan data 102.355 pemilih di ponpes. Dulu ada tapi bukan TPS loksus. Namanya  TPS DPTb karena sifatnya insidental, tidak bisa dipastikan sejak awal surat suaranya. Kalau sekarang, karena sudah terdata sejak awal, jadi jatah surat suaranya sudah jelas,” urainya.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

Sementara jumlah pemilih terbanyak ada di Ponpes Lirboyo Kediri dengan jumlah sekitar 15.000 pemilih. Diikuti Ponpes Temboro Magetan dan Ponpes Salafiyah Syafiiyah di Situbondo. Adapu syarat dalam penempatan TPS loksus. Pertama, jumlah pemilih minimal 100 orang, kemudian data lengkap mulai dari nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga.

Syaratnya, pemilih tercantum di DPT awal di mana dia beralamat, kemudian dia dipindah ke TPS Loksus dengan cara data di TPS awal dicoret lalu didaftarkan di TPS loksus. Apabila tidak ada TPS loksus, maka para pemilih akan disebar ke seluruh TPS yang ada di suatu daerah. “KPU Jatim sudah siap melaksanakan pemilu.  Tidak akan ada data ganda karena sudah dilakukan pencocokan data KPU se-Indonesia dan luar negeri,” tegasnya. (Bg, foto: dok. KPU)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed