MPLS SD Al Muslim, Siswa Melukis Jari di Kanvas

SD Al Muslim Sidoarjo menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai kemarin Senin (17/7). Mengambil tema Let’s Reach Our Dream, siswa diajak meraih mimpi. “Kalian semua Ustazah ajak untuk terus bersemangat mengejar mimpi dan meraihnya, karena hal ini merupakan langkah awal yang penting. Dengan memiliki tujuan yang jelas, motivasi yang tinggi, serta terus mengasah keterampilan, maka Ustazah pastikan mimpi kalian akan lebih mudah tercapai. Tentunya dukungan keyakinan doa kalian, doa orang tua, dan rahmat Allah tak bisa diabaikan,” ungkap Kepala SD Al Muslim Ustazah Fatimatuz Zahroh, S.Pd.,M.Pd.

Rangkaian kegiatan MPLS dimulai dengan membaca ikrar dan asmaul husna di lapangan indoor, perkenalan dengan guru dan sesama teman. Acara dibuka secara seremonial dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Al Muslim, sambutan kepala sekolah sekaligus penyematan identitas siswa baru secara simbolis dengan membawa burung kertas. Penyematan ini bertujuan melambungkan impian setinggi mungkin, burung kertas sebagai symbol bahwa tidak ada impian yang tak bisa terwujud jika kita bersungguh-sungguh dalam meraihnya.

Baca juga  Antusias Siswa Asing Smamda Surabaya Ikuti Manasik Haji

Selain itu tiap siswa memakai topi berbentuk seperti mahkota yang memiliki beberapa alasan dibaliknya seperti memudahkan identifikasi dan pengenalan siswa baru dapat dengan mudah dikenali oleh guru dan siswa lainnya. Kemudian meningkatkan rasa percaya diri siswa, tanda penghargaan dan perayaan atas langkah baru yang diambil dalam perjalanan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, juga adanya keberanian dan motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.

“Membangun hubungan sosial antara siswa baru dan siswa lainnya. Topi seperti mahkota tersebut juga sebagai simbol semangat dalam emmahami budaya dan nilai-nilai yang dianut di sekolah, serta memperkuat rasa kebersamaan sebagai bagian dari komunitas sekolah,” tegasnya.

Baca juga  Unusa Buka Layanan Cek Kesehatan Gratis di Pameran Sekolah IEF 2024

Kegiatan berikutnya melukis jari di kanvas dan menuliskan nama diri serta impian masing-masing siswa. Kanvas tersebut diletakkan di dinding kelas sebagai pengingat impian yang akan mereka raih dalam proses belajar selanjutnya. “Manfaat melukis jari untuk siswa antara lain; melatih keterampilan motorik halus, meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas, sebagai media ekspresi dan emosi siswa saat melukis akan terlihat dari warna yang digunakan dan apa yang sedang mereka gambar,” lanjut Ustazah Fatimatuz. (Bg, foto-foto: dok. Al Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed